Uncategorized

4 Cara Efektif Mengatasi Kram Kaki Saat Hamil

Pinterest LinkedIn Tumblr

Mengatasi Kram Kaki Saat Hamil – Kram kaki akan menyebabkan rasa tidak nyaman. Keluhan ini umumnya dirasakan oleh ibu hamil, secara khusus lagi dikala umur kehamilan trimester kedua dan ketiga. Apabila anda kerap kali mengalami kram dikala hamil, anda bisa mencoba sistem berikut ini untuk menuntaskannya.

Kram Kaki Saat Hamil

Cara Mengatasi Kram Kaki Saat Hamil

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan kram kaki saat hamil seperti berikut ini.

Melakukan Peregangan

Kram Kaki Saat Hamil

Untuk membantu mengatasi kram kaki saat hamil, cara yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan peregangan.

  • Anda dapat melakukan peregangan dengan cara meluruskan kaki perlahan-lahan. Awalnya hal ini akan menyebabkan kaki anda sakit. Namun, setelahnya kram yang dialami akan berkurang.
  • Selain cara itu, anda juga bisa mengangkat kaki selama 15 hingga 20 menit untuk membantu melancarkan peredaran darah. Anda dapat memakai bantal ataupun dengan menyandarkan kaki pada tembok.
  • Ketika sedang kram jangan putar pergelangan kaki anda ke bagian dalam dan keluar, karena kram yang anda alami akan semakin parah.

Memijat Kaki

Kram Kaki Saat Hamil

Memijat kaki saat kram tentunya akan membuat anda semakin tidak nyaman dan terasa sakit. Oleh karena itu, kamu harus pelan-pelan saat memijat kaki.

  • Lakukan pijatan pada kaki dengan pelan, serta lakukan relaksasi pada bagian kaki yang kram.
  • Saat memijat kaki yang kram anda bisa memakai campuran minyak esensial seperti lavender dan chamomile.

Kompres Kaki Menggunakan Air Hangat

Kram Kaki Saat Hamil

Selain itu, sistem lainnya yang bisa anda lakukan untuk mengurangi kram pada kaki ialah dengan mengompres kaki memakai air hangat.

Baca juga  Pusing Saat Hamil? Ini 7 Tips mengatasinya

Caranya ialah, anda bisa memanfaatkan botol. Lalu isi dengan air hangat dan anda bisa mengompresnya dengan memakai botol yang berisi air hangat hal yang demikian. Dengan sistem ini ketegangan pada otot akan berkurang.

Perbanyak Istirahat

Kram Kaki Saat Hamil

Kram otot yang anda natural dikala hamil, secara khusus kram yang terjadi pada kaki disebabkan karena kelelahan otot pada zona kaki karena harus membendung berat badan. Berat badan yang kian bertambah maka otot kaki akan kian lelah. Selain itu, kram bisa disebabkan karena tidak lancarnya aliran darah dari kaki karena pembesaran rahim.

Untuk membantu mengurangi kram, anda juga bisa memperbanyak istirahat. Hindari melaksanakan aktivitas yang berlebihan. Selain itu, anda juga jangan berada pada posisi yang sama dalam waktu yang lama. Sebab akan bisa menyebabkan aliran darah terhambat yang bisa memicu terjadinya kram otot.

Selain mengenal sistem menyelesaikan kram dikala hamil, anda juga sebaiknya mengenal tips mencegah kram dikala hamil seperti berikut:

  • Perbanyak minum air putih, minimal sebanyak 1,5 liter dalam setiap harinya.
  • Sebelum tidur mandi dengan air hangat untuk membantu mengurangi otot tegang.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan ukurannya sesuai.
  • Jangan berdiri atau duduk terlalu lama.
  • Melakukan olahraga ringan yang aman untuk ibu hamil, misalkan jalan kaki. Namun, untuk mengetahui jenis olahraga yang aman sesuai kondisi anda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.
  • Menjaga berat badan, sebab kelebihan berat badan akan menyebabkan risiko kram meningkat.
  • Mengonsumsi vitamin prenatal dengan kandungan kalium, kalsium dan magnesium. Pastikan anda mendapatkannya dari dokter atau mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter.

Itulah cara menyelesaikan kram kaki dikala hamil dan tips pencegahan yang bisa dijalankan. Kram umumnya akan mereda sesudah beberapa dikala, akan namun jikalau kram yang dialami tidak kunjung hilang dan disertai dengan gejala lainnya seperti terasa hangat dikala disentuh, timbul bercak berwarna merah pada kaki atau anda kesulitan tidur, sebaiknya anda melaksanakan pemeriksaan pada dokter.

Baca juga  4 Tips Ampuh Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil Muda

Write A Comment