Uncategorized

4 Cara Mudah Mencegah Stretch Mark Saat Hamil

Pinterest LinkedIn Tumblr

Cara Mencegah Stretch Mark Saat Hamil – Stretch mark yaitu permasalah kulit yang sering dikeluhkan oleh wanita ketika hamil ataupun sesudah melahirkan. Kondisi ini membuat ibu merasa tidak percaya diri. Stretch mark itu sendiri yaitu garis berwarna ungu, kemerahan atau pink yang muncul pada zona kulit tertentu. Kondisi ini dapat terjadi disebabkan karena kulit mengalami peregangan karena berat badan yang bertambah, penambahan otot, pubertas atau kehamilan.

Ketika hamil biasanya stretch mark muncul pada zona perut, paha, pinggul bawah atau dada. Garis ini muncul biasanya ketika usia kehamilan enam dan tujuh bulan. Stretch mark yang disebabkan karena genetis akan susah dihindari. Tetapi, situasi kulit ini dapat diminimalkan dengan melakukan pencegahan sejak dini.

Cara Mencegah Stretch Mark Saat Hamil

Cara Mencegah Stretch Mark Saat Hamil

Langkah gampang mencegah stretch mark ketika hamil yang dapat anda lakukan. Yuk simak sebagian caranya di bawah ini.

Sejak Awal Kehamilan Gunakan Pelembab

Cara Mencegah Stretch Mark Saat Hamil

Memakai pelembab sejak permulaan kehamilan dapat anda lakukan sebagai langkah mencegah stretch mark. Pelembab akan menjaga keelastisan kulit sehingga keretakan jaringan kulit akan berkurang ketika tubuh anda membesar.

  • Anda harus menggunakan pelembab pada area kulit yang kemungkinan akan muncul stretch mark.
  • Gunakan pelembab yang akan menghidrasi dengan baik saat pagi hari setelah anda mandi.
  • Selain itu, anda bisa menggunakan minyak yang dapat memberikan nutrisi pada kulit seperti misalkan minyak zaitun ketika mandi dengan cara menambahkan minyak beberapa tetes pada bak mandi.

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Cara Mencegah Stretch Mark Saat Hamil

Sebagai langkah mencegah stretch mark ketika hamil, menjaga kesehatan kulit betul-betul penting untuk dikerjakan. Caranya yaitu dengan mengonsumsi makanan bernutrisi ketika anda hamil.

  • Anda harus minum air yang cukup agar kulit anda tetap terhidrasi.
  • Anda juga harus mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin D, vitamin C, vitamin E, protein dan zinc. Dimana makanan yang mengandung nutrisi tersebut di antaranya yaitu sayuran, buah-buahan, telur dan ikan.
Baca juga  5 Tips Mengatasi Migrain Saat Hamil dengan Aman

Selain itu, anda dapat menanyakan pada dokter anda untuk mengenal berapa banyak, serta ragam makanan sehat apa saja yang baik dikonsumsi.

Mengendalikan Penambahan Berat Badan

Cara Mencegah Stretch Mark Saat Hamil

Supaya dapat mengurangi kemunculan stretch mark, betul-betul penting untuk membatasi kenaikan berat badan ketika hamil.

Penambahan berat badan sebaiknya perlahan dan hindari penambahan berat badan dengan berlebihan. Untuk mengenal penambahan berat badan yang ideal untuk anda, sebaiknya anda tanyakan pada dokter.

Melakukan Olahraga dengan Teratur

Cara Mencegah Stretch Mark Saat Hamil

Melakukan olahraga dapat menolong mencegah stretch mark ketika hamil. Dengan olahraga, maka aliran darah ke kulit akan meningkat sehingga akan menolong kulit untuk melakukan regenerasi. Tak cuma itu, dengan olahraga akan dapat membatasi kenaikan berat badan. Tetapi, hal yang perlu diamati bahwa ibu hamil patut hati-hati ketika hendak olahraga. Tak segala olahraga aman dikerjakan oleh ibu hamil. Sehingga kalau ingin melakukan olahraga ketika hamil, sebagian tips berikut patut diamati.

  • Anda harus memilih olahraga yang tepat. Pilihlah olahraga khusus untuk ibu hamil.
  • Sebelum melakukan olahraga sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui jenis olahraga yang diperbolehkan sesuai dengan kondisi anda dan kehamilan anda.

Itulah sebagian sistem mencegah stretch mark ketika hamil. Jikalau anda menetapkan untuk menggunakan suatu produk, misalkan krim khusus untuk mencegah stretch mark, anda sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Write A Comment