Uncategorized

Ingin Meningkatkan Kualitas Tidur Saat Hamil? Simak 4 Tips Mudah

Pinterest LinkedIn Tumblr

Ketika hamil seorang wanita akan mengalami berbagai perubahan dan keluhan. Terkadang keluhan yang dialami tersebut dapat mengganggu kenyamanan, salah satunya gangguan tidur. Masalah tidur yang dialami saat hamil akan menyebabkan waktu istirahat terganggu.

Beberapa hal dapat menjadi penyebab turunnya kualitas tidur ketika hamil di antaranya yaitu masalah kesehatan, kelelahan hingga perubahan tingkat hormon. Jika kondisi ini tidak ditangani dengan cepat, akan dapat memicu stres yang disebabkan karena insomnia.

Anda dapat mengatasi gangguan tidur ini dengan melakukan beberapa kebiasaan sehat yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur anda. Nah, artikel ini beberapa tips meningkatkan kualitas tidur saat hamil.

Meningkatkan Kualitas Tidur Saat Hamil

Tips Mudah Meningkatkan Kualitas Tidur Saat Hamil

Meningkatkan kualitas tidur saat hamil penting untuk dilakukan. Kondisi kurang tidur pada ibu hamil akan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Yuk simak tips gampang meningkatkan kualitas tidur saat hamil berikut ini.

Melakukan Rutinitas Sebelum Tidur

Meningkatkan Kualitas Tidur Saat Hamil

Untuk mendapatkan waktu tidur yang berkualitas, anda bisa mencoba melakukan rutinitas sebelum tidur. Selain meningkatkan kualitas tidur juga akan mengurangi kemungkinan terjadinya insomnia.

  • Anda bisa merencanakan waktu tidur, misalkan memulainya dengan membiasakan tidur pada waktu yang sama, serta menghindari penggunaan barang elektronik atau ponsel sebelum anda tidur.
  • Lakukan kegiatan lainnya yang bisa memicu kantuk, misalkan menikmati wangi aromaterapi atau mandi dengan menggunakan air hangat.

Bergerak Aktif

Meningkatkan Kualitas Tidur Saat Hamil

Anda bisa aktif bergerak dengan melaksanakan berolahraga ringan. Berolahraga ringan akan bisa membuat otot tubuh rileks serta membuat mutu tidur bertambah kala hamil.

Baca juga  4 Tips Ampuh Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil Muda

Anda dapat melaksanakan berolahraga ringan semacam pilates, yoga kehamilan ataupun latihan peregangan saat sebelum tidur. Tetapi, alangkah lebih baik saat sebelum melaksanakan berolahraga hendaknya anda bertanya terlebih dulu pada dokter. Apakah keadaan anda membolehkan untuk melaksanakan berolahraga ataupun tidak sebab keadaan kehamilan tiap ibu berbeda- beda.

Terapkan Pola Makan yang Tepat

Meningkatkan Kualitas Tidur Saat Hamil

Kala hamil sangat berarti untuk mempraktikkan pola makan yang sehat serta pas. Tidak hanya itu, dikala hamil perut anda yang membengkak akan membuat lambung tertekan sahingga bisa merangsang asam lambung naik ke tenggorokan.

  • Untuk mencegah hal tersebut anda bisa menghindari konsumsi makanan bercita rasa asam, digoreng dan makanan pedas.
  • Anda juga sebaiknya mengatur porsi makan anda menjadi porsi yang lebih kecil namun sering.
  • Mengonsumsi makanan selingan dengan kandungan protein tinggi dapat anda lakukan sebelum tidur, seperti segelas susu.
  • Setelah pukul 7 malam sebaiknya anda membatasi konsumsi cairan. Ini dilakukan untuk mencegah keinginan buang air kecil dengan berlebihan.
  • Ketika sore hari anda sebaiknya menghindari konsumsi kafein.

Pilih Posisi Tidur yang Nyaman

Meningkatkan Kualitas Tidur Saat Hamil

Dikala tidur anda hendaknya memilah posisi yang aman. Tetapi, jauhi posisi tiduran telentang dalam waktu yang lama karena posisi ini dapat menimbulkan tekanan pada punggung. Anda dapat berupaya posisi tidur berikut ini.

  • Anda dapat tidur miring ke sisi kiri agar aliran darah ke rahim dan janin menjadi lancar.
  • Tidur dengan posisi miring ke kiri dengan posisi lutut, serta pinggang membungkuk. Di antara kedua lutut anda bisa menyelipkan bantal, di bawah perut, serta di belakang punggung.

Itulah beberapa tips meningkatkan kualitas tidur saat hamil. Jika anda tetap tidak bisa tidur setiap malam anda bisa melakukan konsultasi pada dokter.

Baca juga  8 Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil yang Efektif

Write A Comment