Uncategorized

5 Tips Mengatasi Migrain Saat Hamil dengan Aman

Pinterest LinkedIn Tumblr

Mengatasi Migrain Saat Hamil – Migrain dikala hamil yakni salah satu keluhan yang dapat dialami oleh ibu hamil. Migrain dikala hamil kecuali disebabkan karena perubahan hormon, juga dapat disebabkan karena gaya hidup yang tak sehat.  Nah, untuk menolong menuntaskan migrain dikala hamil, sebagian cara di bawah ini dapat anda coba.

Cara Mengatasi Migrain Saat Hamil

Cara Mengatasi Migrain Saat Hamil dengan Aman

Anda dapat menuntaskan migrain dengan menghindari penyebabnya. Berikut ini sebagian cara menuntaskan migrain dikala hamil.

Hindari Makanan yang Dapat Memicu Migrain

Cara Mengatasi Migrain Saat Hamil

Migrain tentunya akan membuat ibu hamil tak nyaman. Nah, salah satu penyebab migrain dikala hamil yakni karena konsumsi makanan tertentu.

  • Jika anda merasa migrain yang anda alami muncul setelah mengonsumsi makanan tertentu, maka cara untuk mengatasinya yaitu menghindari makanan tersebut. Sehingga dengan begitu risiko migrain saat hamil bisa dikurangi.
  • Anda sebaiknya menghindari makanan ataupun minuman tertentu seperti keju, coklat, makanan manis, makanan dengan kandungan MSG dan minuman berkafein. Sebab makanan tersebut diketahui dapat memicu migrain ketika hamil.
  • Untuk memudahkan anda mengetahui makanan apa yang memicu migrain, disarankan pada ibu hamil untuk membuat catatan makanan.

Minum yang Banyak

Cara Mengatasi Migrain Saat Hamil

Minum air yang banyak dianjurkan karena memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.  Dengan banyak minum maka kebutuhan cairan tubuh akan tercukupi dan menolong mencegah keadaan sulit dehidrasi.

Sebagai cara meringankan migrain dikala hamil, maka perbanyaklah minum air putih. Tiap ibu memiliki kebutuhan cairan yang berbeda, pasalnya situasi kehamilan pada tiap-tiap ibu juga tak sama. Akan tapi, banyak ahli memberi masukan pada ibu hamil minum 8 hingga 10 gelas per hari. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan. Selain itu, anda juga dapat berkonsultasi pada dokter maupun bidan untuk mengetahui asupan air putih sesuai dengan kebutuhan anda.

Baca juga  Pusing Saat Hamil? Ini 7 Tips mengatasinya

Kelola Stres dengan Baik

Cara Mengatasi Migrain Saat Hamil

Stres yang dialami selama kehamilan akan dapat menyebabkan migrain. Bahkan, jika stres tak dikelola dengan baik dikala hamil akan dapat menimbulkan imbas buruk untuk perkembangan si kecil dalam kandungan. Bila migrain yang anda alami disebabkan karena stres, anda dapat menuntaskan stres dengan baik dengan cara bermacam-macam seperti berikut ini.

  • Fokus terhadap hal yang positif dan jangan berpikir berlebihan
  • Menceritakan keluh kesah kepada pasangan ataupun keluarga
  • Melakukan hobi ataupun kegiatan yang menyenangkan

Istirahat yang Cukup

Cara Mengatasi Migrain Saat Hamil

Salah satu penyebab migrain yakni karena kurang istirahat. Ibu hamil yang menderita gangguan tidur seperti insomnia akan rentan mengalami migrain. Waktu tidur yang kurang akan dapat memicu munculnya migrain dikala hamil.

  • Jika anda merasa migrain yang dialami karena kurang istirahat, maka cara untuk mengatasinya yaitu dengan tidur yang cukup.
  • Apabila anda mengalami sulit tidur, anda harus mencari tahu hal yang menyebabkannya.
  • Selain itu, anda bisa menciptakan suasana tidur yang nyaman dengan mematikan atau meredupkan lampu saat akan tidur.

Kompres Kepala

Cara Mengatasi Migrain Saat Hamil

Untuk menolong meredakan migrain, anda juga dapat mencoba untuk mengompres kepala maupun leher komponen belakang dengan menerapkan kompres hangat maupun dingin. Sistem ini dikenal ampuh untuk menuntaskan keluhan migrain. Caranya yakni seperti berikut ini.

  • Silakan siapkan kain dan air hangat atau air dingin.
  • Kemudian rendam kain tersebut dalam air.
  • Setelah itu, silakan tempelkan pada kepala atau leher anda.

Bila migrain yang anda alami tak juga membaik, sebaiknya anda mengerjakan konsultasi pada dokter supaya menerima penanganan yang ideal.

Write A Comment