Uncategorized

Dehidrasi Saat Hamil Sangat Berbahaya, Lakukan 4 Cara ini Untuk Mencegahnya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Dehidrasi saat mengandung dapat terjadi karena asupan ion tidak memenuhi kebutuhan ibu maupun janin. Apabila ibu hamil mengalami dehidrasi, akan dapat menyebabkan berbagai risiko kesehatan yang berbahaya baik untuk janin ataupun ibu hamil.

Dehidrasi Saat Hamil

Beberapa bahaya dehidrasi saat hamil yang harus diwaspadai di antaranya yaitu,

  • Tubuh ibu hamil akan mengalami panas berlebih. Ketika kondisi ini dialami janin dalam kandungan juga akan menalami panas yang berlebih. Apabila kondisi ini dialami saat awal kehamilan, akan berisiko menyebabkan cacat tabung saraf pada si kecil.
  • Cairan ketuban menjadi sedikit.
  • Selain itu, dehidrasi saat hamil juga akan dapat menyebabkan kelelahan pada ibu hamil, sembelit, serta ASI produksinya tidak memadai.
  • Dehidrasi yang terjadi pada usia kehamilan trimester ketiga akan memicu terjadinya kontraksi uterus, serta menyebabkan persalinan prematur.

Nah, mengetahui dehidrasi saat hamil sangat berbahaya, berikut ini beberapa cara mencegahnya.

Cara Mencegah Dehidrasi Saat Hamil

Mencegah dehidrasi saat hamil menjadi langkah penting agar terhindar dari bahaya yang akan terjadi. Ibu yang sehat, yuk simak cara mencegah dehidrasi saat hamil berikut.

Minum Air Mineral yang Cukup

Dehidrasi Saat Hamil

Mencukupi kebutuhan cairan dalam tiap harinya hendak membuat badan senantiasa terhidrasi serta menghindari permasalahan kehilangan cairan tubuh. Demikian juga pada ibu mengandung, dianjurkan buat minum air putih yang banyak supaya terhindari dari permasalahan kehilangan cairan tubuh.

Metode menghindari dehidrasi pertama yang bisa kamu jalani ialah memadai kebutuhan cairan. Bila anda susah untuk mengendalikan waktu minum air putih maupun apalagi kerap lupa, anda dapat mencoba memasang alarm pengingat. Aturlah waktu agar anda dapat penuhi kebutuhan carian dalam tiap harinya.

Baca juga  Ini dia 5 Tips Menjaga Kehamilan Trimester Pertama Agar Tetap Sehat

Hindari Kafein atau Kopi

Dehidrasi Saat Hamil

Untuk anda yang memiliki hobi meminum minuman atau makanan yang mengandung kafein atau kopi, sebaiknya selama hamil anda menghindarinya. Kafein dapat menyebabkan produksi urin meningkat dan menyebabkan tubuh kehilangan cairan. Walaupun dapat membantu mengurangi rasa haus, namun produk kafein tidak kan menambah cairan.

Sebagai cara mencegah dehidrasi saat hamil, tentu anda harus menghindari konsumsi kafein. Hindari minuman dan makanan yang mengandung kafein seperti misalkan kopi, teh dan lain sebagainya. Daripada mengonsumsi kopi dan teh, lebih baik anda mengkonsumsi minuman yang lebih sehat dan bernutrisi.

Mengonsumsi Makanan dengan Kandungan Air

Dehidrasi Saat Hamil

Cara mencegah dehidrasi lainnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung air seperti berikut ini.

  • Agar cairan tubuh bertambah, anda bisa mengonsumsi jus segar dan buah-buahan. Selain itu, jus juga akan dapat memberikan energi untuk tubuh sebab mengandung air alami.
  • Anda bisa mengonsumsi buah dengan kandungan air yang banyak seperti melon, semangka, tomat dan anggur.

Hindari Melakukan Aktivitas Atau Olahraga dengan Berlebihan

Dehidrasi Saat Hamil

Menghindari aktivitas yang bisa menimbulkan panas berlebih, contohnya seperti olahraga atau melakukan aktivitas dalam waktu lama dilingkungan panas sebaiknya dihindari untuk mencegah dehidrasi.  Olahraga emang dianggap sehat bagi ibu yang sedang mengandung, namun melakukan olahraga berlebihan dan kekurangan asupan cairan bisa menyebabkan masalah dehidrasi.

  • Jika anda hendak melakukan olahraga saat hamil, lakukan olahraga ringan yang aman untuk ibu hamil sesuai dengan anjuran dokter.
  • Hindari melakukan olahraga yang berlebihan.
  • Jika anda akan melakukan aktivitas di ruangan panas dan lembab, pastikan tubuh anda tetap terhidrasi dengan membawa bekal air.

Itulah beberapa tips mencegah dehidrasi saat hamil. Anda juga dapat bertanya pada dokter anda untuk mengetahui lebih jelasnya cara mencegah dehidrasi selama kehamilan.

Baca juga  Sakit Maag Saat Hamil? ini 5 Cara Mengatasinya

Write A Comment