Kehamilan

Inilah Ciri-ciri Kehamilan yang Kebanyakan Belum Diketahui

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kehamilan menjadi ajang yang sangat dinantikan oleh pasangan yang baru saja menikah. Kehadiran calon buah hati untuk melengkapi keluarganya. Oleh karenanya, ganyak sekali usaha yang dilakukan agar kehamilan datang lebih baik.

Namun, banyak wanita yang tdak mengetahui dirinya sedang hamil. Dikarenakan ciri-ciri kehamilan tahap awal sering dihubungkan dengan kondisi kesehatan yang lain.

Salah satunya adalah telat datang bulan. Mens yang tidak teratur bisa dikaitkan dengan stres, kelelahan karena aktivitas fisik yang banyak, atau muntah dan mual yang dikaitkan dengan salah makan atau masuk angin. Beberapa perubahan tersebut lebih sering dikaitkan dengan masalah kesehatan.

Oleh karenanya, sebagai wanita harus lebih teliti terhadap perumahan tubuh yang terjadi. Berikut ini adalah ciri-ciri kehamilan tahap awal yang diambil dari beberapa sumber.

Tidak menstruasi (Amenorrhea)

Petunjuk permulaan yang tak asing lagi ialah dikala seorang wanita terlambat haid atau tak menstruasi. Namun, keadaan ini tak bisa dijadikan pedoman paten bahwa seorang wanita hamil.

Ada beberapa wanita yang memang mempunyai jadwal menstruasi tak lancar dan tak menentu, sehingga cukup sulit membedakan antara dirinya memang hamil atau terlambat haid. Pada keadaan tertentu, kamu bisa saja mengalami terlambat menstruasi karena stres, terlalu aktif berolahraga, keadaan psikis, dan lain sebagainya.

Kram dan timbul bercak

Kram dan timbul bercak biasanya akan timbul pada umur kehamilan 1 hingga 4 pekan. Situasi ini kerap kali dianggap banyak wanita bahwa mereka sedang haid.

Baca juga  Kenali Flek Tanda Kehamilan Dan Cara Mengatasinya

Pada ketika hamil tahap awal, bercak darah akan timbul, ini dikarenakan sel buah yang dibuahi akan mewujudkan blastocyt. Blasctocyt sendiri merupakan sel-sel berisi cairan yang akan berkembang menjadi organ tubuh bayi. Oleh karena itu, kalau kau merasakan perut kram disertai munculnya bercak darah, dan telat haid, akan lebih bagus seketika cek ke dokter.

Sering buang air kecil

Sering buang air kecil biasanya dihubungkan dengan situasi udara yang dingin dan banyak minum tapi ternyata hal ini bisa menjadi salah satu tanda wanita sedang hamil. Saat hamil, rahim akan menekan kandung kemih yang membikin kamu lebih sering kali buang air kecil.

Nafsu Makan Berubah

Pada ketika hamil, kamu akan merasa mudah lapar. Tubuh ibu hamil butuh tambahan 200 kalori per hari di awal kehamilannya, oleh sebab itu bukan hal asing lagi sekiranya nafsu makan kamu menjadi meningkat.

Ketika ada bayi dalam kandungan di rahim, kamu malah akan bekerja sama berbagi kalenjar organ, karenanya otak malah memerintahkan tubuh untuk mengaktifkan hormon lapar sebab yang kamu konsumsi turut dialirkan ke bayi dalam kandungan.

Payudara Membesar dan Menjadi Lebih Lembut

Ketika hamil, banyak perubahan tubuh yang akan anda alami salah satunya yakni pada payudara. Secara fisik, kamu akan mengalami rasa nyeri atau malah ngilu di area dada atau payudara anda. Payudara akan menjadi lebih besar dan terasa lebih lembut ketika dikontrol juga bisa menjadi salah satu pedoman bahwa kamu tengah hamil.

Morning Sickness

Ketika seorang perempuan hamil muda karenanya akan menikmati mual dan muntah-muntah terpenting di pagi hari ketika bangun tidur sampai memasuki siang hari. Situasi ini diketahui dengan Morning Sickness.

Baca juga  Ini dia Alternatif Cara Tes Kehamilan Tanpa Tespek

Namun, tak seluruh perempuan akan mengalami gejala mual dan muntah ketika hamil muda. Kamu bisa meminum minuman hangat atau minuman herbal untuk meredakan mual dan muntah ketika mengalami morning sickness.

Mudah Lelah

Ketika hamil muda, anda akan lebih mudah merasa lelah. Beberapa ini disebabkan sebab adanya perbuahan kadar hormon progesteron dan estrogen ketika hamil yang memengaruhi fisik seorang perempuan.

anda malah menjadi tak sekuat biasanya dan mudah sekali merasa lelah sekalipun anda mengerjakan kegiatan simpel dan ringan.

Indera penciuman menjadi lebih tajam

Ketika hamil muda, wewangian yang awalnya awam saja bisa menjadi tak awam umpamanya wewangian tubuh suami. Bahkan wewangian hal yang demikian bisa sampai membikin tak nyaman dan sungguh-sungguh mengganggu. Beberapa ini disebabkan sebab indra penciuman menjadi lebih tajam ketika hamil.

Sesak Napas

Tak wanita kadang kala akan merasa agak sesak napas atau mengalami dilema pernafasan pada awal kehamilannya. Beberapa ini dikarenakan ibu hamil membutuhkan oksigen lebih dari biasanya untuk menyokong pertumbuhan bayi dalam kandungan.

Situasi hanya itu, pada ketika hamil hormon progesteron juga akan meningkat yang bisa menyebabkan terjadinya sesak napas. Hormon progesteron bisa menstimulasi pusat pernafasan pada otak.

Konstipasi menjadi ciri-ciri Kehamilan

Seperti yang sudah dibeberkan sebelumnya, hormon progesteron dan hormon lain akan meningkat ketika hamil yang menyebabkan cara kerja pencernaan menjadi lebih lambat dari biasanya. Melambatnya kerja cara pencernaan akan membikin ibu hamil sering kali mengalami wasir atau konstipasi yang ditandai dengan perut terasa kembung.

Perubahan suasana hati

Ibu hamil cenderung lebih peka terpenting pada trimester awal kehamilan. Bahkan hal kecil dan remeh sekalipun bisa membikin kamu lebih merasa kesal dan mudah emosi.

Baca juga  Kenali dan Atasi Darah Tinggi Saat Hamil

Situasi ini disebabkan sebab hormon HCG yang meningkat pada masa kehamilan yang membikin ibu hamil menjadi mudah lelah dan memicu perubahan mood atau suasana hati secara drastis.

Perubahan wujud tubuh

Situasi hanya dada yang membesar menjadi lebih lembut, tubuh lain juga akan menjadi lebih besar ketika hamil. MIsalnya, seperti bokong yang membesar, dan wujud perut yang lebih besar dari biasanya. Beberapa ini bisa menjadi pedoman bahwa kamu tengah hamil, malah tak jarang sebagian komponen tubuh akan membengkak ketika hamil.

Sering Bermimpi

Banyak dari wanita hamil muda yang mengalami mimpi lebih sering kali dari biasanya. Bahkan tak jarang mimpi hal yang demikian lebih dramatis dari kondisi ketika tak mengandung. Beberapa ini biasanya dihubungkan perasaan seorang perempuan yang lebih peka sebab adanya perubahan hormon.

Sering Merada Pusing

Ketika hamil, detak jantung akan meningkat untuk memompa darah dan adanya perubahan hormon akan membikin tekanan darah menurun. Kamu malah membutuhkan darah banyak untuk tumbuh kembang embrio yang akan menjadi bayi. Beberapa inilah yang membikin kamu lebih sering kali merasa pusing malah sampai ingin pingsan di awal kehamilan.

Write A Comment