Parenting

Keterampilan Parenting Yang Baik

Pinterest LinkedIn Tumblr

Keterampilan Parenting Yang Baik – Saat ini tidak ada kursus yang mengajarkan keterampilan mengasuh anak. Menjadi orang tua membutuhkan banyak keterampilan. Tidak ada orang tua yang berbakat dengan semua keterampilan mengasuh anak sepanjang waktu. Sebaliknya, keterampilan mengasuh anak dipelajari seiring berjalannya waktu. Bergantung pada perilaku dan usia anak Anda, akan ada kalanya beberapa keterampilan dapat diterapkan dengan mudah. Ada keterampilan pengasuhan tertentu yang penting dalam mempromosikan disiplin yang efektif dan membesarkan anak dengan cara yang lebih baik.

Berikan contoh yang positif

Memodelkan perilaku yang sesuai adalah keterampilan mengasuh anak yang sangat penting. Anak-anak belajar dari apa yang mereka lihat dan dengar. Orang tua yang terbiasa “melakukan apa yang saya katakan, bukan apa adanya” kebanyakan merasa cara ini sangat tidak efisien. Orang tua yang memiliki kebiasaan berteriak saat lapar membesarkan anak yang berteriak saat sedang marah. Namun, orang tua yang mencontohkan cara menangani amarah dengan istirahat, membesarkan anak dengan mekanisme pengendalian amarah yang baik.

Kelola stres secara efektif

Orang tua yang stres cenderung tidak konsisten dengan disiplin atau berteriak. Mereka lebih cenderung menggunakan hukuman daripada menggunakan disiplin. Orang tua harus belajar mengelola stres melalui perawatan diri dan dukungan dari keluarga dan teman.

Kenali masalah keamanan

Orang tua harus bisa mengendus bahaya dari jarak satu mil. Mereka harus mengenali predator anak saat melihatnya. Mereka harus mengizinkan konsekuensi alami hanya jika aman untuk dilakukan dan harus mengajarkan keterampilan kepada anak-anak untuk membuat keputusan yang sehat.

Baca juga  Panduan Parenting yang Penting untuk Keluarga Baru

Tetapkan batasan yang sesuai

Orang tua harus menetapkan batasan yang sesuai untuk anak-anak mereka, bahkan jika anak-anak protes. Menetapkan batasan yang tepat berarti bahwa orang tua menggunakan strategi disiplin perkembangan dan memastikan bahwa anak-anak mereka memiliki aturan yang jelas. Orang tua yang efektif dapat mentolerir kemarahan anak-anak mereka dan mereka fokus pada apa yang menjadi kepentingan terbaik anak-anak mereka.

Puji anak-anak atas usahanya

Puji anak-anak atas jumlah energi yang mereka berikan. Ini mengajarkan mereka untuk gigih dan mereka belajar bahwa peningkatan itu mungkin. Jika ketekunan seorang anak didasarkan pada penghargaan seperti pujian, saat mereka berhenti, usaha itu berhenti.

Terapkan konsekuensi secara konsisten

Konsistensi dalam mengasuh anak merupakan keterampilan penting dalam mengasuh anak. Jika seorang anak menerima konsekuensi negatif hanya separuh waktu saja, perilaku tersebut kemungkinan besar tidak akan berhenti. Orang tua seharusnya tidak hanya mengancam konsekuensi tetapi terus menegakkannya sepanjang waktu.

Pilih pertempuran dengan bijak

Orang tua harus bisa mengenali apakah pertempuran layak untuk diperjuangkan. Kadang-kadang beberapa perilaku tidak pantas untuk diperangi jika dapat menyebabkan perebutan kekuasaan.

Berikan perhatian yang positif

Menemukan energi dan waktu untuk memberikan pertimbangan individu kepada setiap anak terkadang sulit, terutama saat mengasuh banyak anak. Meluangkan waktu setiap hari untuk memberikan perhatian positif membuat semua strategi disiplin lainnya menjadi lebih efektif.

Tetapkan harapan yang jelas

Buat anak mengerti apa yang diharapkan dari mereka. Orang tua harus memberi tahu anak apa yang diharapkan dari mereka dengan cara yang dapat mereka pahami. Orang tua yang efektif tidak hanya menyuruh anaknya yang berusia 10 tahun untuk membereskan tempat tidurnya. Sebaliknya dia menggambarkannya dan menunjukkan bagaimana tampilan tempat tidur.

Baca juga  5 Tujuan Parenting untuk Orang Tua

Bicaralah dengan pasangan atau pasangan Anda

Saat membesarkan anak dengan suami, istri, atau pasangan yang berkomitmen, belajarlah untuk senada. Diskusikan keinginan untuk meningkatkan keterampilan pengasuhan Anda dengan orang-orang yang dekat dengan Anda. Mereka menawarkan dukungan jika mereka mengetahui tujuan Anda.

SUMBER : https://ezinearticles.com/?Parenting-Skills-Today&id=8794256

Write A Comment