Kehamilan

Tidak hanya Tespek, ini cara tes Kehamilan dengan Pasta Gigi

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tes Kehamilan dengan Pasta Gigi – Pada hakikatnya, cata mengetahui kehamilan dengan ultrasonografi (USG) ialah metode cek kehamilan yang dipercayai ibu hamil melihat kondisi janin di dalam rahim. Namun, ternyata ada metode lain mungkin terdengar aneh dan asing di telinga kebanyakan wanita, yaitu cata tes kehamilan dengan pasta gigi.

Berbeda dengan USG yang mengandalkan teknologi canggih dan panduan lengkap dari dokter, cara tes kehamilan dengan pasta gigi ini bisa dilakukan di rumah, bahkan tanpa bantuan orang lain sekalipun. Tapi jangan langsung percaya saja ya.

Sebelumnya kami telah menulis artikel tentang Alternatif Cara Tes Kehamilan tanpa Tespek, di tulisan kali ini kami rinci bahaimana cara tes kehamilan dengan pasta gigi.

Cara tes kehamilan dengan pasta gigi, apakah akurat?

Entah siapa yang mulai cara tes kehamilan dengan pasta gigi ini, tentunya tes kehamilan ini tetap masih harus diuji secara ilmiah untuk membuktikan akuratnya.

Mungkin saja tes kehamilan dengan pasta gigi ini dijadikan alternatif, karena mudah dan tak rumit untuk dilakukan. jika ingin mengetahui cara tes kehamilan dengan pasta gigi, anda hanya harus mempersiapkan beberapa tes urinem pasta gigi dan wadah kecil saja.

Setelah semuanya siap, berikut ini cata tes kehamilan dengan pasta gigi secara bertahap :

  1. Tuangkan sedikit pasta gigi ke dalam wadah
  2. Tuangkan beberapa tetes urine ke dalam wadah agar bercampur dengan pasta gigi
  3. Aduk urine dan pasta gigi
  4. Lihatlah perubahan pada tekstur dan warna campuran keduanya
Baca juga  Tes Kehamilan dengan Garam? Apa Bisa Dipercaya?

Akan terjadi reaksi kimia yang berpotensi muncul ketika pasta gigi tercampur dengan urine. Reaksi inilah yang dipercaya bisa menilai kehamilan.

Bagaimana cara menentukan positif atau negatif kehamilan dengan cara ini?

Jika dengan menggunakan tespek biasa, positif atau tidaknya kehamilan akan ditandai dengan tanda + dan -. Sementara itu, cara tes kehamilan dengan pasta gigi ini mengharuskah anda melihat reaksi kimianya.

Hasil Positif dari tes kehamilan dengan pasta gigi

Menurut mereka yang percaya dengan cara ini, hasil positif bakal ditandai dengan munculnya reaksi kimia berupa busa atau perubahan warna pada campuran urine dan pasta gigi.

Warna dari campuran urine dengan pasta gigi yang menunjukkan hasil positif biasanya berwarna biru dan dibarengi dengan busa.

Hasil Negatif dari tes kehamilan dengan pasta gigi

Jika menunjukkan hasil negatif, campuran antara pasta gigi dan urine tidak akan menunjukkan reaksi apapun.

Para pendukung metode tes kehamilan ini percaya bahwa menggunakan campuran pasta gigi dan urine tak ada bedanya dari tes kehamilan pada umumnya.

Karena, metode tes kehaimlan menggunakan pasta gigi ini juga dipercaya dapat mendeteksi human chorionic gonadotropin (hCG) atau hormon kehamilan di dalam urine wanita.

Faktanya, reaksi kimia yang muncul saat pasta gigi dan urine tercampur bukanlah karena hCG, melainkan sifat asam pada urine.

Fakta sebenarnya dari tes kehamilan dengan pasta gigi

Kebanyakan orang mendukung cara tes kehamilan dengan pasta gigi, metode ini dinilai akurat. Anggapan mereka saat kandungan pada pasta gigi (kalsium karbonat) dan asam amino pada urine bercambur, kimia akan bereaksi.

Padahal, air urine saja sudah mengandung asam. Jadi tidak heran, urine yang tecamur dengan pasta gigi bisa menghasilkan reaksi kimia yang sama.

Baca juga  Tanda Tanda Awal Kehamilan yang Patut Anda ketahui, termasuk Jerawat?

Dengan kata lain, cara tes kehamilan dengan pasta gigi ini dianggap kurang akurat dan tidak bisa diandalkan. Tidak ada studi atau penelitian yang membuktika kalau cara tes kehamilan dengan pasta gigi ini bisa mendeteksi hCG dana urine wanita

Jika ada reaksi kimia pada campuran antara pasta gigi dan urine, itu cuma reaksi kalsium karbonat bertemu dengan asam urine.

Apa saja metode tes kehamilan yang terbukti akurat?

Jika anda ragu dengan tes kehamilan dengan pasta gigi, ada banyak metode tes kehamilan yang sudah diakui oleh dunia medis. Beberapa metode tes kehamilan yang bisa dicoba:

Test pack atau Tespek

Test pack atau metode tes kehamilan ini bisa anda beli di minimarket atau apotek terdekat. Ini bisa mendeteksi hormon kehamilan di urine, dia mengindikasikan dua simbol untuk mengetahui kepastian kehamilan.

Tes Urine

Sebenarnya, tes urine adalah cara tes kehamilan seperti tespek, cuma bedanya tes ini dilakukan di rumah sakit atau klinik dengan bantuan medis.

Tes Darah

Tes darah adalah metode pemeriksaan kehamilan lainnya. Ada 2 jenis tes darah untuk pemeriksaan kehamilan, yaitu kualitatif atau kuantitatif.

Beberapa cara tes kehamilan di atas dinilai lebih akurat karena dilakukan oleh pengawasan dokter, dengan teknologi canggih. Jika anda ingin hasil yang lebih akurat, tidak salahnya mencoba cara di atas.

Semoga berguna.

Write A Comment