Parenting

Tiga Wawasan untuk Menjadi Orang Tua yang Lebih Baik

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tiga Wawasan untuk Menjadi Orang Tua yang Lebih Baik –

Menjadi orang tua itu sulit, oleh karena itu orang tua harus memahami batasan, disiplin dan kebebasan bagi mereka dan anak-anak mereka.

Dalam sebagian besar pekerjaan, orang disaring secara ekstensif dan kemudian dilatih dengan cermat. Namun, saat memulai menjadi orang tua, ada beberapa pedoman yang harus diikuti. Hal ini membuat kebanyakan orang tua mengharapkan hal-hal hebat dan kemudian bergulat dengan kenyataan. Alih-alih merasa terbebani oleh kenyataan mengasuh, adalah mungkin untuk menjadi lebih efektif dengan memahami tiga gagasan sederhana.

  1. Pahami batasan. Dalam hal aturan, kebanyakan orang tua berada pada satu titik ekstrim atau ekstrim. Namun, batasan efektif bukanlah tentang aturan yang tak terhitung jumlahnya tetapi batasan yang ditetapkan. Faktanya adalah bahwa anak-anak mendambakan batasan. Mereka merasa lebih aman mengetahui adanya pedoman, dan mereka lebih mungkin berkembang jika mereka memiliki batasan untuk diikuti. Trik dalam menetapkan batas efektif adalah memilih batas yang paling penting. Orang tua tidak dapat menerapkan daftar lengkap aturan, tetapi mereka dapat mempertahankan daftar singkat batas perilaku yang dapat dikelola. Ini dapat mencakup perilaku di depan umum, menghormati otoritas, dan cara berkomunikasi dengan orang lain. Pilih batasan yang mempromosikan keamanan, rasa hormat, dan pertumbuhan, tetapi selalu ingat bahwa Anda juga harus dapat mematuhi batasan tersebut.
  2. Pahami disiplin. Ketika batasan dilanggar, pasti ada konsekuensinya. Inilah peran disiplin. Terlalu sering, orang tua mengacaukan disiplin dengan hukuman. Sementara beberapa disiplin akan mengarah pada hukuman, tidak semua disiplin itu. Disiplin adalah tentang mengarahkan anak-anak kembali ke batas yang benar. Karena itu, disiplin dapat bervariasi dan unik untuk setiap anak. Orang tua harus mengembangkan pola disiplin yang konsisten yang mengoreksi anak setiap kali batas dilanggar. Disiplin ini harus sesuai usia dan proporsional dengan sifat pelanggaran. Tujuan disiplin harus selalu tentang mengajar anak. Hukuman memiliki efek jangka panjang yang terbatas, tetapi disiplin dapat secara efektif membentuk perilaku anak dengan cara yang lebih positif.
  3. Pahami kebebasan. Meskipun anak-anak membutuhkan batasan, mereka juga membutuhkan kebebasan. Ini adalah dikotomi yang sulit tetapi penting untuk dipahami. Batasan harus ditetapkan agar anak-anak tetap aman, tetapi terkadang anak-anak memang membutuhkan ruang. Mereka perlu membuat pilihan sendiri, dan pilihan ini dapat mengarah pada kesuksesan atau kegagalan. Kebebasan ini memberi anak harga diri yang mereka butuhkan untuk pertumbuhan yang sehat, dan juga memungkinkan mereka kemampuan untuk menentukan diri mereka sendiri dan menemukan preferensi mereka. Kadang-kadang orang tua ingin mengontrol setiap aspek kehidupan untuk melindungi dan membimbing anak-anak mereka, tetapi perkembangan seringkali selalu berantakan. Anak-anak akan belajar lebih banyak dari kesalahan mereka daripada kesuksesan mereka. Oleh karena itu, orang tua harus selalu memberikan kebebasan yang diperlukan dalam batas-batas agar anak dapat berkembang.
Baca juga  Yuk Ajak Anak Melakukan Aktivitas Anak Ditengah Pandemi Corona

Ketiga ide sederhana ini adalah inti dari apa pengasuhan yang baik adalah tentang. Tidak ada yang tahu semuanya, tetapi ketiga ide sederhana ini adalah tempat yang baik untuk memulai.

SUMBER : https://ezinearticles.com/?Parenting-Made-Easy—Three-Insights-for-Better-Parenting&id=8397423

Write A Comment